Cara Alami Menghilangkan Ketombe dan Penyebabnya

Cara Alami Menghilangkan Ketombe dan Penyebabnya
Cara Alami Menghilangkan Ketombe (Picture : www.radaronline.co.id)
Kulit kepala berketombe merupakan hal yang membuat rasa percaya diri seseorang berkurang bukan? Banyak yang mengeluh baik wanita atau pria yang bingung untuk mengatasi masalah rambut ini. Padahal ada cara alami menghilangkan ketombe yang mudah anda praktikan sendiri di rumah. Rambut bebas dari ketombe akan membuat seseorang lebih merasa nyaman dalam melakukan aktivitas. Selain itu, mereka juga akan lebih percaya diri dalam menjalani rutinitas yang mewajibkan seseorang untuk berpenampilan selalu cantik dan mempesona. Anda tentunya pernah mengalami masalah ketombe ini bukan? Oleh karena itu, penting untuk anda mengetahui apa saja yang menjadi penyebab dari munculnya ketombe ini.

Sebelum membahas cara alami menghilangkan ketombe tentu anda harus mengetahui bagaimana ketombe ini bisa terjadi pad kulit kepala anda. ketombe merupakan lepasnya sel – sel kulit kepala yang telah mati. Sel – sel kulit mati yang terkelupas secara normal memiliki kuantitas yang sedikit. Lapisan kulit (epidermis) yang mengelupas “mati” akan digantikan dengan kulit baru setiap satu bulan. Namun, masalah akan timbul ketika jumlah matinya kulit epidermis pada kulit kepala berada pada jumlah yang banyak atau diatas batas normal. Apalagi bila pengelupasan tersebut disertai iritasi dan juga kemerahan pada kulit kepala. Hal ini merupakan pertanda bahwa ada kondisi yang tidak sehat pada kulit kepala anda. Masalah ini akan membuat ketombe lebih sering muncul pada jangka waktu dua hingga tujuh hari.

Sebenarnya, ketombe merupakan masalah yang normal dialami oleh banyak orang. Karena pada dasarnya, sel kulit kepala memang akan mengalami regenerasi untuk mengganti kulit  kepala yang mati. Biasanya masalah ketombe ini terjadi pada populasi yang berada pada masa – masa setelah pubertas. Ketombe bukan hanya dialami oleh etnis ataupun jenis kelamin tertentu. Melainkan hampir dialami oleh banyak orang dengan tidak membeda – bedakan etnis dan jenis kelamin. Setelah mengetahui bagaimana ketombe itu bisa terjadi pada kulit kepala, ada beberapa cara alami menghilangkan ketombe yang bisa anda lakukan.

Ketombe yang sudah pada tahap kronis akan membuat anda merasakan gatal dan juga iritasi. Penyebab dari masalah ketombe adalah akibat adanya aktivitas jamur, kulit kepala yang berminyak, keringat yang berlebih, ataupun kulit kepala yang memang tidak cocok dengan shampo ataupun perawatan rambut yang selama ini digunakan. Namun, anda tidak perlu khawatir dengan masalah ketombe yang mengganggu anda ini, karena ada cara alami menghilangkan ketombe yang dapat anda gunakan dengan bahan – bahan alami dimana bahan – bahan ini dapat dengan mudah anda temui di sekitar anda. Dengan menggunakan bahan – bahan alami, anda tidak perlu khawatir lagi dengan masalah ketombe yang mengganggu penampilan anda. Sehingga anda akan bisa tampil maksimal dan juga mempesona.
   
Bahan – bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe salah satunya adalah dengan menggunakan perasan jeruk nipis. Anda hanya perlu mencampurkan jeruk nipis dengan perasan sari nanas dengan volume masing – masing 100 ml. Hasil campuran tersebut bisa anda gunakan dengan cara dibasuh kepada kulit kepala. Dalam seminggu, anda bisa melakukannya sebanyak dua kali. Selain dengan jeruk nipis, anda bisa menggunakan daun pandan yang dihaluskan, kemudian hasil dari daun yang telah dihaluskan tersebut bisa anda campur dengan segelas air. Hasil dari campuran tersebut bisa anda peras dan kemudian digunakan kepada kulit kepala. Sebenarnya, perlu anda ketahui bahwa masih banyak lagi bahan – bahan alami yang bisa anda gunakan sebagai salah satu cara alami menghilangkan ketombe. Beberapa diantaranya adalah lidah buaya, kangkung, minyak almond dan minyak zaitun. Sekian ulasan terkait masalah ketombe ini, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Popular