Faktor Penyebab, Cara Menanggulangi dan Cara Mencegah Bibir Pecah Pecah

Cara Menanggulangi dan Cara Mencegah Bibir Pecah Pecah
Cara Menanggulangi dan Cara Mencegah Bibir Pecah Pecah

Kurang cairan ternyata bukan lah satu-satunya penyebab bibir pecah pecah. Ternyata masih ada 8 faktor lainnya yang juga turut membuat bibir menjadi kering. Dahulu, orang tua mengajarkan bahwa ketika bibir terasa kering kita disuruh untuk membasahi bibir dengan air liur melalui lidah. Tetapi ternyata hal tersebut juga merupakan penyebab yang membuat bibir pecah pecah dan tidak mempesona. Kebiasaan memakan makanan yang memiliki rasa asin dan asam yang berlebih, meminum alkohol kopi dan merokok, juga dapat menyebabkan bibir tak indah. Selain itu, bagi Anda para pekerja yang harus melewati hiruk pikuk lalu lintas, sebaiknya Anda menggunakan masker, karena polusi juga dapat menyebabkan bibir kering. Kurang asupan sayur dan buah, perubahan suhu yang ekstrim, dan penggunaan pasta gigi berbahan detergen tinggi juga dapat menyebabkan bibir pecah-pecah.

Meski begitu, bukan berarti Anda harus mengalami jalan buntu. Karena ada banyak macam cara yang bisa dilakukan untuk memulihkan bibir akan kembali terlihat mempesona. Berikut ini merupakan resep sederhana yang bisa Anda gunakan apabila mengalami bibir pecah pecah. Pertama, madu. Madu yang dihasilkan oleh lebah ini memang banyak khasiatnya, dan para peneliti pun menyepakati statemen itu. Cara penggunaannya cukup mudah yakni hanya dengan mengoleskan madu murni yang tidak dicampur oleh bahan apapun ke bibir yang kering. Lakukan tiga kali dalam sehari dan harus rutin serta teratur.

Baca juga Beberapa Tips Agar Bibir Merah Alami dan Mempesona

Kedua, ketimun. selain dapat berguna untuk mengompres mata, ketimun juga dapat digunakan untuk mengatasi bibir pecah pecah. Hanya dengan menggosokkan ketimun yang telah diiris pada pada bagian bibir selama kurang lebih dua puluh menit. Kandungan air dalam ketimun akan membantu menghidrasi bibir yang kekurangan cairan. Ketiga, selain untuk mengutarakan perasaan cinta, bunga mawar pun juga bisa mengatasi masalah yang sering dialami oleh bibir. Kelopak bunga mawar dipercaya dapat membuat bibir menjadi lembab dan dapat mengembalikan warna bibir kembali menjadi lebih mempesona. Cara menggunakannya dengan rendam beberapa kelopak bunga mawar ke dalam susu selama 1 sampai 2 jam. kemudian tumbuk kelopak sampai menjadi seperti pasta. Sebelum tidur, oleskan racikan mawar tadi di bagian bibir. Perlu diperhatikan untuk metode ini pastikan terlebih dahulu kalau Anda tidak alergi terhadap bunga mawar.

Keempat, minyak jarak. caranya cukup dengan mengoleskan minyak jarak ini ke bibir yang kering secara rutin minimal dua kali dalam sehari. Untuk hasil yang lebih baik, Anda dapat campurkan air lemon dan gliserin. Anda juga bisa menggunakan sikat gigi dengan bulu yang dikategorikan soft untuk mengoleskan minyak jarak tadi ke bibir yang pecah pecah. Dan yang terakhir, Anda juga bisa menggunakan gula untuk mengatasi bibir pecah pecah. Dengan bantuan madu, campurkan satu sendok gula dengan satu sendok madu. Aduk campuran tadi sampai menjadi adonan pasta. Bila sudah, oleskan pasta gula madu tersebut di bagian bibir yang kering atau pecah pecah. Lalu diamkan kurang lebih lima menit untuk hasil yang lebih maksimal. Kemudian, gosokkan bibir dengan jari secara halus dan lembut. Dengan begitu, lapisan bibir yang pecah-pecah dan kering akan terkelupas tanpa menimbulkan rasa perih.

Bila tadi ialah faktor penyebab dan cara menanggulangi bibir pecah pecah, kini saatnya Anda mengetahui cara mencegahnya. Cara mencegah masalah mulut yang satu ini sangat lah mudah, Anda hanya diharuskan untuk tidak merokok, konsumsi buah dan sayur secara teratur, dan yang paling penting, minum air putih sebanyak 2 liter sehari atau minimal 8 gelas dalam satu hari.

No comments:

Post a Comment

Popular